SUMBER CAHAYA INDOSTEEL adalah supplier bahan bangunan. Kami melayani pembelian diseluruh wilayah Indonesia dengan pelayanan dan harga terbaik

Tips Hemat dalam Mengatur Lampu dan AC di Rumah

Mengurangi penggunaan energi bisa menghemat tagihan bulanan Anda. Caranya? Ubah cara pakai peralatan elektronik di rumah Anda untuk menghemat.
Lampu
  • Beli bohlam lampu sesuai kebutuhan Anda, karena kadang kita menggunakan bohlam yang terlalu terang. Misalnya bohlam berkekuatan 75 watt hanya memerlukan 75% energi dibanding bohlam 100 watt.
  • Bersihkan lampu secara teratur, agar cahaya lampu lebih terang karena tak terhalang debu hitam yang menempel. Coba bersihkan dengan lap basah atau koran bekas yang dibasahkan.
  • Ganti bohlam lampu biasa berkekuatan 75 watt, dengan bohlam fluoresens berkekuatan 15 watt. Terangnya sama, dan lebih tahan lama.







Pendingin Ruangan / AC




  • Lokasi AC ternyata berpengaruh pada efisiensi energi. Posisi pendingin ruangan yang menghadap langsung ke matahari, akan mengakibatkan energi listrik lebih banyak terpakai untuk mendinginkan ruangan. Jaga kebersihan AC Anda dari kotoran dan debu secara teratur, karena akan mengurangi dinginnya temperatur.
  • Jangan biarkan AC menyala di kamar yang kosong. Jika sepulang bepergian Anda menginginkan kamar yang dingin, pasang timer otomatis sebelum berangkat.
  • Lakukan aktivitas harian seperti memasak, mencuci, dan mandi di pagi hari, saat udara tidak terlalu panas. Aktivitas ini menaikkan tingkat kelembaban di rumah Anda, sehingga bila dilakukan di siang hari, Anda harus menyalakan AC lebih lama. Penggunaan alat elektronik seperti oven, setrika, dan hair dryer meningkatkan suhu di dalam rumah. Gunakan peralatan ini di pagi hari agar suhu rumah tak terlalu panas, hingga Anda tak perlu segera memasang pendingin ruangan.
SUMBER:
http://bangunanmodern.wordpress.com/2012/07/11/tips-hemat-dalam-mengatur-lampu-dan-ac-di-rumah/