SUMBER CAHAYA INDOSTEEL adalah supplier bahan bangunan. Kami melayani pembelian diseluruh wilayah Indonesia dengan pelayanan dan harga terbaik

Desain Bangunan Arsitektur Ruko Minimalis Modern

Saat ini, mayoritas bentuk wajah karakter sebuah kota besar berevolusi sebagai tempat berdirinya ruko. Hampir di seluruh pinggiran kota besar dimanfaatkan sebagai area Ruko. Ruko ( Rumah dan Toko) merupakan perkembangan lebih lanjut dari bangunan Chinatown, yang didirikan dengan tujuan multi fungsi. Yaitu selain sebagai tempat hunian sekaligus anda manfaatkan untuk berniaga. Hal ini didirikan guna mengefektif serta efisienkan lahan bangunan dan juga kawasan usaha.




Selain itu ruko juga dapat anda gunakan sebagai alat untuk berinvestasi yang mempunyai nilai jual semakin bertambah. Ruko memang identik dengan bangunan yang lebih minimalis dibandingkan rumah hunian pada umumnya. Desain ruko minimalis ialah ruko yang mengefisiensikan  luasan bangunan  terbatas, namun tetap mempertahankan  nilai fungsi sebagai tempat melakukan transaksi niaga.
Di dalam mendesain ruko minimalis yang harus diperhatikan antara lain ialah :
  • Analisis Tapak Lokasi. Hal ini berhubungan dengan dimana tempat akan didirikan ruko tersebut. Sangat di utamakan bagi tempat-tempat yang strategis, sebagai pusat aktivitasnya banyak orang sehingga mampu membentuk nilai investasi yang tinggi.
  • Tapak Muka ( Fascade ). Bentuk bangunan yang lebih simpel, namun tetap mempunyai nilai multi fungsi. Tapak muka ini berhubungan dengan perancangan bangunan, tema bangunan, bentuk bangunan yang sesuai ( klasik maupun modern), keadaan lingkungan sekitar menjadi alasan yang penting bagi pendesainan sebuah ruko.
  • Keamanan.  Karena nantinya akan banyak barang niaga yang terdapat di dalam sebuah ruko, maka sistem keamanan perlu dibuat semaksimal mungkin. Sebaiknya anda menggunakan alat-alat pengaman seperti lock key ( kunci pengaman ), bel tamu, serta masih banyak lainnya.
  • Nilai Estetika ( keindahsan ). Di dalam pendesaian ruko, nilai keindahan harus tetap diperhatikan. Mulai dari desain, bentuk bangunan, tema bangunan, karakter bangunan, arsitektur, balkon dan lainnya, sehingga akan memberi kesan menarik bagi orang yang melihatnya.
  • Pembagian Ruangan yang sesuai. Biasakan memisahkan antar tempat hunian di dalam ruko dengan tempat berniaga, tujuannya agar anda dapat rilex dan berkonsentrasi dalam berniaga serta beristirahat. Tempat hunian biasanya diletakkan di lantai lebih atas, serta tempat  berniaga diletakkan di lantai bawahnya.
  • Balkon ( bentuk ruang terbuka atau teras pada lantai atas ). Lebih baik anda memberikan balkon yang sesuai dengan bentuk bangunan ruko, tema ruko, sehingga akan lebih memberikan nilai seni yang pas atau matching.
SUMBER: 
http://gambarumahminimalis.com/2013/10/13/tips-membuat-desain-bangunan-ruko-minimalis/